SATUBERITA.CO.ID – Menjadi seorang jobseeker atau pencari kerja memang terkadang melelahkan. Apalagi bila yang didapat merupakan email penolakan.
Begitu pun yang dialami oleh seorang wanita satu ini. Dirinya baru saja mendapatkan email penolakan dari salah satu tempat kerja yang ia tuju.
Namun, dirinya melakukan hal tak terduga buat merespon surel tersebut. Alih-alih mengucapkan terima kasih atau membalas dengan formal, dirinya justru mengirimkan sebuah meme. Kisahnya ini ia bagikan dengan akun TikTok @swedishswan.
Dilansir dari laman Newsweek, wanita tersebut mendapatkan ide buat merespon penolakan dari para Gen Z. Dirinya membalas dengan mengirimkan meme berisi lukisan Pope Leo X oleh Fernando Botero. Di bawah wajah lukisan tersebut terdapat tulisan ‘y tho’ yang mampu diartikan sebagai ‘ya namun mengapa?’.
Baca Juga:
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Benar
Iseng merespon dengan balasan tak formal, siapa sangka hasilnya justru mengejutkan.
“Ini bekerja. Mereka mengirimkanku email lain yang mengatakan mereka hendak mewawancaraiku,” ungkapnya dalam video tersebut.
Usai mendapatkan surel terbaru tersebut, dirinya masih tak menyangka bila cara ini berhasil.
Sayangnya, di video berikutnya wanita tersebut mengungkapkan bila ia kembali tak lolos wawacara di perusahaan tersebut. Namun, video yang telah ditonton lebih dari 5 juta kali ini rupanya telah cukup mencuri perhatian dari warganet. Beragam respon pun diberikan di kolom komentar.
“Sebagai seorang pencari kerja, bila ada seseorang yang mengirimkan hal ini kepadaku, aku tentu saja akan meminta sebuah wawancara,” tulis seorang warganet.
Baca Juga:
Job Seeker Wajib Tahu, Ini 5 Tips Terhindar dari Penipuan Wawancara Kerja
“Ini merupakan cerita sukses yang kita butuhkan di hari-hari gelap seperti ketika ini,” celetuk salah satu warganet.
“Gen Z merupakan penyihir dalam hidup,” tambah warganet lain.
Tak hanya itu, kisah ini juga menjadi inspirasi bagi jobseeker lainnya. Seorang warganet mengaku mempraktekkan cara ini dan berhasil mendapatkan kesempatan buat lanjut ke tahap berikutnya.