Tertangkap Mencuri, Tiga Pelajar di Torut Dapat Pembinaan Dari Kapolres

oleh

TORUT,  SATU BERITA Tiga pemuda yang status nya masih pelajar SMP kedapatan mencuri di Indomaret di Jl Ahmad Yani Kelurahan Rantepao, Kacamatan Rantepao. Selasa (11/02/2020).

Akibat kejadian tersebut Personil Polres Toraja Utara langsung mengamankan ke tiga pemuda dan melakukan pembinaan perbuatan yang dilakukan.

Sementara itu Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati Kusuma mengatakan bahwa tiga pelajar yang masing-masing berusia 14 tahun yang dikerumuni oleh warga karna tertangkap tangan sedang melakukan aksi pencurian di salah satu mini market.” lanjutnya.

“Karna ketiganya merupakan anak-anak yang masih di bawah umur jadi Kasus ini diselesaikan secara diversi yang Artinya diberikan pembinaan kepada anak tersebut dengan menghadirkan orang tua dari ketiga pelaku ini, “kata Yudha, Rabu (12/02/2020).

Mantan Kasubdit Tipikor Polda Sulsel itu menerangkan, ketiga remaja itu tidak asal dilakukan pembinaan, karena mereka harus menandatangani pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya tersebut dan disaksikan orang tua mereka masing-masing.

“Tujuan utamanya adalah agar para pelaku tindak pidana yang mana masih katagori anak-anak dapat mengubah perilaku negatif ke perilaku positif,” tambahnya.

Selain itu AKBP Yudha juga menyelesaikan persoalan ketiga remaja itu. Menebus hasil curiannya.

Bukan berarti membela pencuri, namun agak persoalan ini tidak berkepanjangan lagi. Kemudian orang tua remaja itu harus mendidik anaknya dengan baik.

“Sebab peran orangtua menjadi kunci utama agar anak-anak tidak melakukan pelanggaran hukum. Kita berharap setelah pembinaan ini semuanya bisa berubah menjadi lebih baik,” jelasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *